PROFIL SMP MUHAMMADIYAH 29 PACIRAN
A. Sejarah Singkat
Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 29 Paciran terletak di Dusun Sidodadi Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Berdiri pada tanggal 18 Juli 2013 diatas tanah seluas 2816m2. Didirikan oleh Pengurus Ranting Muhammadiyah Sidodadi : KH. Hamid Umri dan Khoirur Rozikin, S.Ag, semula SMP Muhammadiyah 29 Paciran berstatus sekolah cabang dari MTS Muhammadiyah 12 Palirangan dan telah berganti status Terdaftar berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan No : 420.2067/413.101/2013 pada waktu itu dikepalai oleh Bapak Khoirur Rozikin, S.Ag. Pada periode pertama tahun 2015/2016 peserta didik berjumlah 13 siswa dan terus mengalami kenaikan dari tahun ketahun, Tahun 2016/2017 berjumlah 43 siswa, Tahun 2017/2018 berjumlah 74 siswa, Tahun 2018/2019 berjumlah 123 siswa.
Pada bulan Agustus 2017 bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1438 Hijriyah dilakukan Visitasi dan Akreditasi oleh BAN-S/M dan mendapat nilai B berdasarkan SK BAP-S/M Nomor 164/BAP-S/M/SK/XI/2017. Keberadaan SMP Muhammadiyah 29 Paciran tidak lepas dari dukungan Pondok Pesantren Darussalam Sidodadi karena siswa siswinya merupakan santri Pondok Pesantren Darussalam Sidodadi dan pada awal perintisannya hanya ada 2 ruang kelas di sebelah utara masjid Darussalam Sidodadi dan pada tahun 2015 dibangun 3 lokal ruang kelas disebelah selatan masjid Darussalam Sidodadi. Masa kepemimpinan Bapak Khoirur Rozikin, S.Ag terus melanjutkan pembangunan sehingga jumlah kelas terus bertambah yang pada saat ini ada 7 lokal diantaranya berfungsi sebagai Lap. IPA, Lap Komputer, dan Perpustakaan.
B. Visi dan Misi SMP Muhammadiyah 29 Paciran
SMP Muhammadiyah 29 Paciran menetapkan
visi dengan tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini
menjadi motto bagi setiap warga sekolah yang diterapkan setiap hari untuk
mewujudkan tujuan sekolah.
1. Visi Sekolah
SMP Muhammadiyah 29 Paciran yaitu : “ Terwujudnya pendidikan bernuansa islami,
berakhlaqul karimah, cerdas, dan unggul ”. Visi tersebut
mencerminkan profil sekolah yang berbasis pondok pesantren dan cita-cita
sekolah yang berorientasi kedepan dengan memperhatikan potensi yang ada sesuai
dengan norma dan harapan masyarakat, ingin mencapai keunggulan, mendorong
semangat dan komitmen warga sekolah, mendorong adanya perubahan yang lebih baik
dan mengarah pada langkah-langkah strategis sekolah yang mudah dijangkau.
2. Misi Sekolah
Untuk mencapai visi tersebut, perlu
dilakukan misi yang merupakan implementasi dari visi yang bersifat jangka
panjang dengan arah yang jelas. Berikut Misi yang dilakukan :
1). Mewujudkan
perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir dan berwawasan kedepan.
Dengan menerapkan Kurikulum 2013 dalam
proses pembelajaran dan melakukan pengembangan perangkat pembelajaran seperti
RPP, Silabus dan sistem penilaian yang lengkap diharapkan memberikan dampak
positif yang berwawasan kedepan.
2). Mewujudkan
proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Dengan menerapkan konsep belajar aktif
dikelas maupun diluar kelas, serta kemampuan berfikir kreatif diharapkan mampu
menciptakan keefektifan penyerapan materi dan dapat diterima dengan baik oleh
siswa.
3). Mewujudkan
SDM pendidikan yang memiliki kemampuan dan kesanggupan kerja yang tinggi.
Tenaga pendidik dituntut memiliki skill
kerja yang tinggi mampu melihat potensi dari siswa dan melakukan pengembangan
potensi yang berkelanjutan, disamping itu tenaga pendidik juga mengikuti
pelatihan pengembangan diri pada event tertentu guna menunjang kemampuannya
dalam mendidik siswa siswi.
4). Mewujudkan
lulusan yang berakhlaq karimah, cerdas, terampil dan unggul dalam prestasi
akademik dan non akademik.
Dengan membiasakan kedisiplinan,
melakukan apel pagi, sholat dhuha dan mentadarus al-qur’an setiap hari sebelum
kegiatan belajar dimulai dirasa hal itu berpengaruh terhadap sikap siswa
sebagai awal keberhasilan prestasi akademik maupun non akademik.
Misi skolah ada 3 poin mungkin bisa di beri nomor..
BalasHapus